Contoh soal matematika kelas 5 sd semester 1 kurikulum 2013

Menguasai Matematika Kelas 5 SD Semester 1 Kurikulum 2013: Panduan Lengkap dengan Contoh Soal

Matematika, seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang menantang, sebenarnya adalah fondasi penting bagi perkembangan kemampuan berpikir logis dan analitis anak. Di jenjang Sekolah Dasar, terutama di kelas 5, materi matematika mulai memperkenalkan konsep-konsep yang lebih kompleks namun tetap relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kurikulum 2013, dengan penekanannya pada pembelajaran aktif dan pemecahan masalah, menghadirkan pendekatan yang menarik dalam mempelajari matematika.

Artikel ini akan menjadi panduan komprehensif bagi siswa kelas 5 SD, orang tua, dan guru dalam memahami materi matematika semester 1 Kurikulum 2013. Kita akan menjelajahi topik-topik utama yang diajarkan, dilengkapi dengan contoh soal yang bervariasi dan penjelasan mendalam untuk membantu menguasai konsep-konsep tersebut.

Contoh soal matematika kelas 5 sd semester 1 kurikulum 2013

Memahami Struktur Kurikulum 2013 untuk Matematika Kelas 5 Semester 1

Kurikulum 2013 berfokus pada pengembangan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang dirancang untuk membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang relevan. Untuk matematika kelas 5 semester 1, beberapa kompetensi dasar yang umum diajarkan meliputi:

  • Bilangan Cacah dan Operasinya: Meliputi operasi hitung bilangan cacah besar, pemecahan masalah yang melibatkan operasi hitung, serta pemahaman tentang faktor dan kelipatan.
  • Bilangan Pecahan: Meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan pecahan, serta penerapannya dalam soal cerita.
  • Pengukuran: Meliputi pengukuran panjang, berat, waktu, dan debit, serta konversi satuan dan pemecahan masalah terkait.
  • Bangun Ruang Sederhana: Meliputi identifikasi, sifat-sifat, dan jaring-jaring bangun ruang seperti kubus dan balok.

Mari kita selami setiap topik ini dengan contoh soal yang relevan.

Topik 1: Bilangan Cacah dan Operasinya

Di kelas 5, siswa diharapkan mampu beroperasi dengan bilangan cacah yang lebih besar dan menyelesaikan masalah yang melibatkan berbagai operasi. Konsep faktor dan kelipatan juga menjadi fokus untuk membangun pemahaman tentang hubungan antar bilangan.

Konsep Kunci:

  • Operasi Hitung Campuran: Urutan operasi (kurung, perkalian/pembagian, penjumlahan/pengurangan).
  • Faktor: Bilangan yang dapat membagi habis suatu bilangan.
  • Kelipatan: Hasil perkalian suatu bilangan dengan bilangan asli.
  • FPB (Faktor Persekutuan Terbesar): Faktor terbesar yang sama dari dua bilangan atau lebih.
  • KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil): Kelipatan terkecil yang sama dari dua bilangan atau lebih.

Contoh Soal dan Pembahasan:

Soal 1: Hitunglah hasil dari $150 + (75 times 3) – 200$.

Pembahasan:
Dalam operasi hitung campuran, kita harus mengikuti urutan operasi. Perkalian dilakukan terlebih dahulu.
$75 times 3 = 225$
Kemudian, lakukan penjumlahan dan pengurangan dari kiri ke kanan.
$150 + 225 = 375$
$375 – 200 = 175$
Jadi, hasil dari $150 + (75 times 3) – 200$ adalah $175$.

Soal 2: Tentukan faktor dari bilangan $36$.

Pembahasan:
Faktor dari $36$ adalah bilangan-bilangan yang jika dikalikan menghasilkan $36$.
$1 times 36 = 36$
$2 times 18 = 36$
$3 times 12 = 36$
$4 times 9 = 36$
$6 times 6 = 36$
Jadi, faktor dari $36$ adalah $1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, 36$.

Soal 3: Tentukan kelipatan dari bilangan $8$ yang kurang dari $50$.

Pembahasan:
Kelipatan dari $8$ adalah hasil perkalian $8$ dengan bilangan asli $1, 2, 3, ldots$
$8 times 1 = 8$
$8 times 2 = 16$
$8 times 3 = 24$
$8 times 4 = 32$
$8 times 5 = 40$
$8 times 6 = 48$
$8 times 7 = 56$ (sudah lebih dari $50$)
Jadi, kelipatan dari $8$ yang kurang dari $50$ adalah $8, 16, 24, 32, 40, 48$.

READ  Menguasai Presisi Dokumen: Panduan Lengkap Mengubah Satuan dari Inch ke Centimeter di Microsoft Word 2013

Soal 4: Cari FPB dari $24$ dan $36$.

Pembahasan:

  • Cara 1: Mendaftar Faktor
    Faktor dari $24$: $1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 24$
    Faktor dari $36$: $1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, 36$
    Faktor persekutuan: $1, 2, 3, 4, 6, 12$
    FPB dari $24$ dan $36$ adalah $12$.

  • Cara 2: Faktorisasi Prima (Pohon Faktor)
    $24 = 2 times 12 = 2 times 2 times 6 = 2 times 2 times 2 times 3 = 2^3 times 3$
    $36 = 2 times 18 = 2 times 2 times 9 = 2 times 2 times 3 times 3 = 2^2 times 3^2$
    Untuk mencari FPB, ambil faktor prima yang sama dengan pangkat terkecil.
    Faktor prima yang sama adalah $2$ dan $3$.
    $2^min(3,2) times 3^min(1,2) = 2^2 times 3^1 = 4 times 3 = 12$.
    Jadi, FPB dari $24$ dan $36$ adalah $12$.

Soal 5: Cari KPK dari $6$ dan $8$.

Pembahasan:

  • Cara 1: Mendaftar Kelipatan
    Kelipatan $6$: $6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, 48, ldots$
    Kelipatan $8$: $8, 16, 24, 32, 40, 48, ldots$
    Kelipatan persekutuan: $24, 48, ldots$
    KPK dari $6$ dan $8$ adalah $24$.

  • Cara 2: Faktorisasi Prima (Pohon Faktor)
    $6 = 2 times 3$
    $8 = 2 times 4 = 2 times 2 times 2 = 2^3$
    Untuk mencari KPK, ambil semua faktor prima yang ada dengan pangkat terbesar.
    Faktor prima yang ada adalah $2$ dan $3$.
    $2^max(1,3) times 3^max(1,0) = 2^3 times 3^1 = 8 times 3 = 24$.
    Jadi, KPK dari $6$ dan $8$ adalah $24$.

Topik 2: Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan menjadi salah satu topik yang cukup penting di kelas 5. Siswa akan belajar berbagai operasi dengan pecahan, baik pecahan biasa maupun campuran, serta penerapannya dalam situasi nyata.

Konsep Kunci:

  • Jenis Pecahan: Pecahan biasa, pecahan campuran, pecahan senilai.
  • Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan: Dengan penyebut sama dan berbeda.
  • Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan: Pecahan biasa, pecahan campuran.
  • Soal Cerita Pecahan: Penerapan konsep pecahan dalam masalah sehari-hari.

Contoh Soal dan Pembahasan:

Soal 6: Ubahlah pecahan campuran $3 frac14$ menjadi pecahan biasa.

Pembahasan:
Untuk mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kalikan bilangan bulat dengan penyebut, lalu tambahkan dengan pembilang. Hasilnya menjadi pembilang yang baru, dan penyebutnya tetap.
$3 frac14 = frac(3 times 4) + 14 = frac12 + 14 = frac134$.

Soal 7: Hitunglah hasil dari $frac25 + frac13$.

Pembahasan:
Untuk menjumlahkan pecahan dengan penyebut berbeda, samakan penyebutnya terlebih dahulu. Kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari $5$ dan $3$ adalah $15$.
$frac25 = frac2 times 35 times 3 = frac615$
$frac13 = frac1 times 53 times 5 = frac515$
Sekarang, jumlahkan pembilangnya:
$frac615 + frac515 = frac6+515 = frac1115$.

Soal 8: Hitunglah hasil dari $2 frac12 – frac34$.

Pembahasan:
Pertama, ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa:
$2 frac12 = frac(2 times 2) + 12 = frac52$.
Sekarang kita punya $frac52 – frac34$. Samakan penyebutnya. KPK dari $2$ dan $4$ adalah $4$.
$frac52 = frac5 times 22 times 2 = frac104$.
Lakukan pengurangan:
$frac104 – frac34 = frac10-34 = frac74$.
Pecahan biasa $frac74$ dapat diubah kembali menjadi pecahan campuran $1 frac34$.

Soal 9: Hitunglah hasil dari $frac34 times frac25$.

Pembahasan:
Perkalian pecahan dilakukan dengan mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut.
$frac34 times frac25 = frac3 times 24 times 5 = frac620$.
Pecahan ini dapat disederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan FPB-nya, yaitu $2$.
$frac620 = frac6 div 220 div 2 = frac310$.

READ  Mengubah File PDF ke Word: Panduan Komprehensif untuk Produktivitas Tanpa Batas

Soal 10: Hitunglah hasil dari $frac45 div frac23$.

Pembahasan:
Pembagian pecahan sama dengan mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan dari pecahan kedua.
$frac45 div frac23 = frac45 times frac32$.
Sekarang, kalikan seperti biasa:
$frac45 times frac32 = frac4 times 35 times 2 = frac1210$.
Sederhanakan pecahan ini:
$frac1210 = frac12 div 210 div 2 = frac65$.
Ubah menjadi pecahan campuran: $1 frac15$.

Soal 11: Ibu membeli $2 frac12$ kg beras. Sebanyak $frac34$ kg beras digunakan untuk memasak. Berapa sisa beras ibu?

Pembahasan:
Ini adalah soal pengurangan pecahan.
Sisa beras = Beras awal – Beras yang digunakan
Sisa beras = $2 frac12$ kg – $frac34$ kg
Ubah $2 frac12$ menjadi $frac52$.
Sisa beras = $frac52$ kg – $frac34$ kg
Samakan penyebutnya menjadi $4$.
$frac52 = frac5 times 22 times 2 = frac104$.
Sisa beras = $frac104$ kg – $frac34$ kg = $frac10-34$ kg = $frac74$ kg.
Ubah menjadi pecahan campuran: $1 frac34$ kg.
Jadi, sisa beras ibu adalah $1 frac34$ kg.

Topik 3: Pengukuran

Pengukuran adalah bagian penting dari matematika yang membantu siswa memahami dunia fisik di sekitar mereka. Kelas 5 SD akan mendalami berbagai jenis pengukuran, konversi satuan, dan penerapannya.

Konsep Kunci:

  • Satuan Panjang: Meter (m), kilometer (km), sentimeter (cm), milimeter (mm).
  • Satuan Berat: Kilogram (kg), gram (g), ton.
  • Satuan Waktu: Detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun.
  • Debit: Laju aliran zat cair per satuan waktu (misalnya, liter per menit).
  • Konversi Satuan: Mengubah satu satuan ke satuan lain.

Contoh Soal dan Pembahasan:

Soal 12: Ubahlah $2.5$ km menjadi meter.

Pembahasan:
Kita tahu bahwa $1$ km = $1000$ m.
Jadi, $2.5$ km = $2.5 times 1000$ m = $2500$ m.

Soal 13: Berapa gram berat dari $3$ kg $500$ g?

Pembahasan:
Kita tahu bahwa $1$ kg = $1000$ g.
Jadi, $3$ kg = $3 times 1000$ g = $3000$ g.
Berat total = $3000$ g + $500$ g = $3500$ g.

Soal 14: Jika sebuah kereta berangkat pukul $07.30$ dan tiba pukul $11.15$, berapa lama waktu perjalanan kereta tersebut?

Pembahasan:
Hitung selisih waktu:
Dari $07.30$ ke $08.00$ adalah $30$ menit.
Dari $08.00$ ke $11.00$ adalah $3$ jam.
Dari $11.00$ ke $11.15$ adalah $15$ menit.
Total waktu perjalanan = $3$ jam + $30$ menit + $15$ menit = $3$ jam $45$ menit.

Soal 15: Sebuah keran mengisi bak mandi dengan debit $10$ liter per menit. Jika bak mandi berkapasitas $200$ liter, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bak mandi tersebut sampai penuh?

Pembahasan:
Rumus debit adalah Debit = Volume / Waktu.
Untuk mencari waktu, kita bisa gunakan rumus: Waktu = Volume / Debit.
Volume bak mandi = $200$ liter.
Debit keran = $10$ liter/menit.
Waktu = $200$ liter / ($10$ liter/menit) = $20$ menit.
Jadi, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bak mandi tersebut sampai penuh adalah $20$ menit.

Topik 4: Bangun Ruang Sederhana

Di kelas 5, siswa mulai diperkenalkan dengan bangun ruang tiga dimensi. Pemahaman tentang sifat-sifat dan cara membuat jaring-jaring dari bangun ruang ini sangat penting.

READ  Ujian sekolah pkn kelas 6 2025

Konsep Kunci:

  • Kubus: Bangun ruang yang dibatasi oleh enam persegi yang kongruen. Memiliki $12$ rusuk, $8$ titik sudut, dan $6$ sisi.
  • Balok: Bangun ruang yang dibatasi oleh enam persegi panjang yang kongruen. Memiliki $12$ rusuk, $8$ titik sudut, dan $6$ sisi.
  • Jaring-jaring Bangun Ruang: Bentuk datar yang jika dilipat akan membentuk bangun ruang tersebut.

Contoh Soal dan Pembahasan:

Soal 16: Sebutkan sifat-sifat kubus!

Pembahasan:
Sifat-sifat kubus adalah:

  1. Memiliki $6$ sisi yang berbentuk persegi dan semuanya kongruen (sama ukuran dan bentuk).
  2. Memiliki $12$ rusuk yang sama panjang.
  3. Memiliki $8$ titik sudut.
  4. Semua sudut antar rusuknya siku-siku.

Soal 17: Sebutkan sifat-sifat balok!

Pembahasan:
Sifat-sifat balok adalah:

  1. Memiliki $6$ sisi yang berbentuk persegi panjang. Sisi yang berhadapan adalah kongruen.
  2. Memiliki $12$ rusuk. Rusuk-rusuk yang sejajar sama panjang.
  3. Memiliki $8$ titik sudut.
  4. Semua sudut antar rusuknya siku-siku.

Soal 18: Gambarlah jaring-jaring dari sebuah kubus!

Pembahasan:
Ada beberapa macam bentuk jaring-jaring kubus, yang paling umum adalah bentuk seperti salib atau bentuk "T" yang terdiri dari empat persegi berjejer dan satu persegi di atas serta satu persegi di bawah.

(Ilustrasi Jaring-jaring Kubus – karena tidak bisa menggambar di sini, bayangkan bentuk yang terdiri dari 4 kotak berjajar horizontal dan 1 kotak di atas serta 1 kotak di bawahnya, yang jika dilipat akan menjadi kubus.)

Soal 19: Jika sebuah balok memiliki panjang $10$ cm, lebar $5$ cm, dan tinggi $4$ cm, berapakah panjang semua rusuk balok tersebut?

Pembahasan:
Balok memiliki $12$ rusuk, yang terdiri dari $4$ rusuk panjang, $4$ rusuk lebar, dan $4$ rusuk tinggi.
Panjang rusuk panjang = $4 times 10$ cm = $40$ cm.
Panjang rusuk lebar = $4 times 5$ cm = $20$ cm.
Panjang rusuk tinggi = $4 times 4$ cm = $16$ cm.
Total panjang semua rusuk = $40$ cm + $20$ cm + $16$ cm = $76$ cm.

Tips Sukses Belajar Matematika Kelas 5

  1. Pahami Konsep Dasar: Jangan terburu-buru mengerjakan soal jika belum benar-benar paham konsepnya. Ulangi penjelasan dari buku, guru, atau sumber lain jika perlu.
  2. Latihan Teratur: Matematika adalah mata pelajaran yang membutuhkan latihan. Kerjakan berbagai jenis soal, mulai dari yang mudah hingga yang menantang.
  3. Gunakan Alat Bantu: Untuk materi pengukuran atau bangun ruang, gunakan alat bantu seperti penggaris, meteran, atau model bangun ruang jika memungkinkan.
  4. Kerjakan Soal Cerita dengan Hati-hati: Baca soal cerita berulang kali, identifikasi informasi yang diberikan dan apa yang ditanyakan. Buatlah sketsa jika perlu.
  5. Jangan Takut Bertanya: Jika ada kesulitan, jangan ragu untuk bertanya kepada guru atau teman yang lebih paham.
  6. Ulangi Materi yang Sulit: Sisihkan waktu khusus untuk mengulang kembali materi yang dirasa sulit.

Penutup

Menguasai materi matematika kelas 5 SD semester 1 Kurikulum 2013 adalah langkah penting dalam membangun pondasi matematika yang kuat. Dengan pemahaman konsep yang baik, latihan yang konsisten, dan pendekatan yang tepat, siswa dapat menghadapi berbagai tantangan soal matematika dengan percaya diri. Contoh-contoh soal di atas diharapkan dapat menjadi panduan yang bermanfaat dalam proses belajar mengajar. Teruslah berlatih dan temukan keasyikan dalam dunia angka!

>

Share your love

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *